Bisnis Elon Musk

Bisnis Elon Musk yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Apakah ada yang pernah mendengar nama Elon Musk? Mungkin bagi sebagian orang nama tersebut masih cenderung asing. Tetapi bagaimana dengan Tesla Motors? Pasti setidaknya pernah ada yang mendengarnya, bukan? Tesla Motors merupakan salah satu perusahaan kendaraan paling bernilai di Amerika Serikat hingga mampu menggeser raksasa General Motors. Dan semua itu, berawal dari seorang entrepreneur muda berusia 12 tahun. Wow!

Elon Reeve Musk lahir di Pretoria, Afrika Selatan pada tanggal 28 Juni 1971. Ayahnya bernama Errol Musk yang merupakan kelahiran Amerika Serikat yang berprofesi sebagai seorang ahli elektromekanika, pilot, dan pelaut. Sedang sang ibu berasal dari kanada dan merupakan seorang model bernama Maye Musk. Dikarenakan hal tersebut, Elon pun memiliki tiga kewarganegaraan, yaitu Afrika Selatan, Amerika Serikat dan Kanada.

Elon Musk sudah sangat menggemari aktivitas membaca dan belajar sejak ia masih kecil, hingga pada akhirnya ia pun mulai tertarik mempelajari teknik komputer di usianya yang masih 10 tahun dan mulai mempelajari pemrograman ketika baru menginjak usia 12 tahun. Dikarenakan ketertarikannya akan belajar dan membaca, Elon berhasil membuat dan menjual kode komputer untuk sebuah game yang ia beri nama Blastar dengan harga 500 dollar AS. Semenjak itu, ia pun mulai menciptakan berbagai bisnis dengan penghasilan fantastis. Apa saja sih bisnis yang telah dilakukan oleh Elon Musk?

1. Zip2

Pada tahun 1995, Elon Musk bersama dengan sang adik bernama Kimbal Musk mendirikan sebuah perusahaan situs perangkat lunak yang diberi nama Zip2. Perusahaan tersebut mengembangkan dan memasarkan semacam city guide melalui internet yang diperuntukan untuk industri penerbit surat kabar. Kemudian perusahaan mendapatkan kontrak dengan salah satu surat kabar besar di Amerika Serikat, yaitu New York Times dan Chicago Tribune.

Dikarenakan perusahaan tersebut telah dinilai sukses, pada tahun 1993 sebuah perusahaan bernama computer Compaq mengakuisisi Zip2 senilai 307 juta dollar AS secara tunai dan 34 juta dollar nya dalam bentuk opsi saham. \

2. Xcom dan Paypal

Hasil penjualan Zip2 yang telah dijelaskan sebelumnya dimanfaatkan oleh Elon untuk mendirikan sebuah perusahaan layanan keuangan bernama X.com pada bulan Maret 1999. Ketika itu ia kemudian merekrut eksekutif bisnis bernama John Story dan Bill Harris sebagai investor, yang kemudian ia menjadikan Harris sebagai CEO sekaligus presiden dari perusahaan. Kemudian Elon Musk menjadi chairman perusahaan dan berhasil mendapatkan suntikan modal sebesar 25 juta AS dari firma modal usaha Sequoia Capital.

X.com menjadi perusahaan yang berkembang cukup pesat hingga pada akhirnya ia mengakuisisi Confinity, sebuah perusahaan yang mengoperasikan layanan keuangan seperti transfer uang bernama PayPal. Namun, salah satu pendiri Confinity, Max Levchin beserta dengan salah satu investor perusahaan mendepak Elon dari jabatannya sebagai CEO X.com. Ketika itu usia sistem PayPal baru seumur jagung namun ia merasa bahwa perusahaan tersebut akan memiliki masa depan yang menjanjikan. Hanya saja sangat disayangkan bahwa Elon dan Harris berseteru di tengah-tengah perjalanan mereka, yang membuat Harris memutuskan untuk keluar dari perusahaan pada tahun 2000.

Pada bulan Oktober 2000, Elon Musk memutuskan untuk memberhentikan sistem operasi internet X.com dan akan lebih fokus pada layanan transaksi pembayaran PayPal. Pada akhirnya, X.com berganti nama menjadi PayPal dan berkembang sangat pesat karena digunakan oleh ebay. Perusahaan yang baru berganti nama ini kemudian melepas sahamnya kepada publik pada bulan Februari 2002 dan untuk sekitar 1,5 miliar dollar AS diambil alih oleh ebay dalam bentuk saham di akhir tahun 2002.

Sesungguhnya perjalanan karir Elon Musk masih sangatlah panjang dan tidak semulus yang kita kira. Tidak dapat dipungkiri bahwa dibalik kesuksesan setiap orang, pasti selalu ada pengorbanan dan kerja keras. Perjalanan Elon Musk sekiranya dapat kita jadikan sebagai inspirasi dalam menuju kesuksesan sehingga tidak akan ada kata menyerah di dalam kamus kehidupan kita. Nah, penasaran dengan kelanjutan dari perjalan Elon Musk? Yuk baca saja di https://www.cekaja.com/info/perjalanan-bisnis-elon-musk-dari-game-sampai-space-x/

 

Posts created 7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top